PENERAPAN MODEL INTEGRATIF LEARNING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS DAN BERCERITA RANGKUM BUKU NONFIKSI

Murakip Murakip

Sari


Hasil studi pendahuluan menulis dan bercerita hasil rangkuman buku nonfiksi rendah sehingga peneliti perlu memecahkan masalah dengan menggunakan model Integratif Learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Model Integratif Learninguntuk meningkatkan hasil belajar menulis rangkuman, dan bercerita hasil rangkuman buku nonfiksi.Metode penelitian yang dikembangkan adalahPenelitian Tindakan Kelas, model Kemmis dan Taggart.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil menulis rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku nonfiksi, 21 peserta didik tuntas (65,63%) siklus I, 28 Peserta didik tuntas (87,50%) siklus II, dan menceritakan hasil rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku nonfiksi yang dibuat, 20 peserta didik tuntas (62,50%) siklus I, 29 Peserta didik tuntas (90,63%) siklus II. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Model Integratif Learning dapat meningkatkan penilaian hasilbelajar menulis rangkuman dan menceritakan kembali hasil rangkuman buku nonfiksipada peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 3 Pamekasan.


Kata Kunci


Model Integratif Learning; Menulis Rangkuman; Menceritakan Kembali; Buku Nonfiksi; Hasil Belajar;

Teks Lengkap:

PDF

Article metrics

Abstract views : 17 | views : 3

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##