NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA ANAK REALISTIK PADA MAJALAH BOBO TAHUN 2015NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA ANAK REALISTIK PADA MAJALAH BOBO TAHUN 2015 (The Values of Character Education In Children's Literature Magazine Bobo Realistic in 2015)

Fadhilatun Hayatunnufus

Sari


This study aimed to describe the values of character education in children's literature magazine Bobo realistic in 2015. This study included literature research using the data in the form of narration, description and dialogue in the form of written data totaling 42 title of the story. The collection of data by means of documentation, literature, reading, and taking notes. In processing the data used content analysis method (content analysis). The results of this research is the discovery of the value of character education, namely religious, honest, discipline, hard work, self-contained, demokratif, patriotism, friendship, love peace, love reading, social care, and responsibility. The appearance of the value of character education that most of the characters are friends with the number 14, the title story. The value of character education is the least democratic values by the number 2 story title. The value of character education is most excellent for teaching materials is the value of character education that comes through actions of the characters in stories. It is easier for children as readers interpret the values contained in the stories that can be practiced in everyday life.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita anak realistik pada majalah bobo tahun 2015. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan yang menggunakan data berupa narasi, deskripsi, dan dialog berupa data tertulis pada cerita anak realistik dalam Majalah Bobo dengan jumlah 42 judul cerita. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi, studi pustaka, membaca, dan mencatat. Adapun untuk mengolah data digunakan metode analisis isi (content analysis). Melalui penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa nilai pendidikan karakter yang ditemukan antara lain, yaitu: religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratif, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Pemunculan nilai pendidikan karakter yang paling banyak adalah karakter bersahabat dengan jumlah 14 dan yang paling sedikit adalah nilai demokratis dengan jumlah 2. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar adalah nilai pendidikan karakter yang hadir lewat perbuatan tokoh dalam cerpen. Hal tersebut memudahkan anak-anak sebagai pembaca untuk menginterpretasi nilai yang terkandung dalam cerpen sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Kata Kunci


short stories; values; character education

Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 165 times
PDF (English) - 490 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##