IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK NOVEL REMAJA ASLI ATAU TERJEMAHAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN 2015/2016DI SMP NEGERI 25 BANDARLAMPUNG

Ahmad Baidowi

Sari


Secara umum rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kemampuan mengidentifikasikan unsur intrinsik novel remaja asli atau terjemahandengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 25 Bandarlampung.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasikan unsur intrinsik novel remaja asli atau terjemahan dengan model pembelajaran inkuiri padasiswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016?

            Implementasi model pembelajaran  inkuiri ternyata  mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasikan unsur intrinsik novel remaja asli atau terjemahan.  Hasil penelitian sebanyak 3 siklus, 6 kali pertemuan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasi pembelajaran siklus kesatu dengan materi pembelajaran mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja,siswa yang sudah tuntas KKM 72 sebanyak 30 atau 78,9 % dan 8 siswa atau 21% belum tuntas KKM. Melalui implementasi model pembelajaran inkuiri siklus dua materi pembelajaran menjelaskan tema dan latar novel remaja,  siswa yang sudah tuntas KKM naik menjadi 32 siswa atau 84% sedangkan yang belum tuntas belajar turun menjadi 6 siswa atau 16%. Setelah melalui perbaikan bersama kolabolator, hasil pembelajaran siklus  ketiga materi pembelajaran  mendeskripsikan alur novel remaja, berhasil meningkatkan siswa tuntas belajar menjadi 36 atau 96 % sesuai dengan target  penelitian ini 95 % siswa tuntas KKM. Sedangkan sisanya tinggal 2 siswa atau 5% belum tuntas KKM

Kata Kunci:  Mengidentifikasi unsur intrinsik novel remaja dengan  model pembelajaran

inkuiri.


Kata Kunci


Mengidentifikasi unsur intrinsik novel remaja dengan model pembelajaran inkuiri.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Article metrics

Abstract views : 42 | views : 23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##