Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Three Stay One Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Ismi Ardayani

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini ditemukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu tingkat keterampilan menulis karangan ilmiah siswa yang masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis karangan ilmiah ini terlihat pada penyusunan kalimat yang belum menggunakan pola yang benar dalam mendeskripsikan suatu karangan. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis karangan ilmiah, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Three Stay One Stray. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Three Stay One Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 3 Pekanbaru tahun 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran Three Stay One Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 3 Pekanbaru Pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua bulan, dari bulan September sampai November 2016. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan enam pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Three Stay One Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 3 Pekanbaru tahun 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif  Three Stay One Stray  pada siklus I dan siklus II.

Keywords


pelajaran Bahasa Indonesia; Three Stay One Stray; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ariawan, R. (2010). "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural Three Stay One Stray (TSOS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Pekanbaru". Uniodu, 1(1). Retrieved from journal.unipdu.ac.id

Armis. (2010). "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Three Stay One Stray dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP". Gamatika, (1).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Bahan Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2007). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Nurchasanah. (1997). "Pengajaran Bahasa yang Kreatif" dalam https://lubisgrafura.wordpress.com/2006/10/03/pengajaran-bahasa-yang-kreatif/.

Pamungkas. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi.

Simanjuntak, H. (2015). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Struktural TSOS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambusai". UPP. Retrieved from e-journal.upp.ac.id

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v8i1.454

Article metrics

Abstract views : 248 | views : 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Ismi Ardayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.