Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Sapinahajar Sapinahajar

Abstract


Tingkat keterampilan mendengarkan dialog interaktif siswa kelas IX.3 SMPN 3 Pekanbaru masih rendah. Keterampilan ini rendah disebabkan oleh faktor teknik instruksional yang digunakan oleh guru masih kurang tepat. Guru masih menerapkan pola pembelajaran yang monoton dalam bentuk ceramah dan perintah sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan mendengarkan dialog interaktif, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran bermain  peran (role playing). Model Pembelajaran bermain peran adalah metode yang melibatkan interaksi  antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran bermain  peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.3 SMPN 3 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan selama dua bulan, dari bulan September sampai November 2016. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan enam pertemuan dan dua tes harian. Agar penelitian tindakan kelas berhasil, para peneliti merancang langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran bermain  peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.3 SMPN 3 Pekanbaru tahun 2016/2017. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran bermain Peran pada siklus I dan siklus II.


Keywords


model pembelajaran; bermain peran; hasil belajar; pelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustina, C. T. (2015). "Peningkatan Kemampuan Membawakan Model Pembelajaran Bermain Peran Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kabupaten Kubu Raya". Jurnal Universitas Tanjungpura.

Ahmadi, L. K. et. al. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Andayani. (2015). Problem dan Aksioma dalam Metodologi Pebelajaran Bahasa Indonesia (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Andriani, N. P. A. R. (2013). "Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam PementasanDrama Siswa Kelas XI IPB SMA Saraswati Singaraja". Undiksha.

Ekawarna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Rochaniah, I. N. (2016). Keefektifan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Bercerita Siswa Kelas VII SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Tim Redaksi. (2004). Bahan Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta.

Yamin, M. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v8i2.462

Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.