Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Lingkungan Hidup

Marnetti Marnetti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis slogan lingkungan hidup dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah slogan-slogan lingkungan hidup yang diambil dari salah satu situs internet dengan judul “Pengertian dan 100 Contoh Slogan Lingkungan Hidup Terbaik” (www.pribahasaindonesia.com). Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori diksi, gaya bahasa, dan semantik sehingga akan terlihat jenis-jenis gaya bahasa  dan makna yang terkandung  dalam slogan tersebut. Setelah dianalisis, data diklasifikasikan berdasarkan jenis-jenis gaya bahasa dan makna yang terdapat dalam slogan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat puluh sembilan gaya bahasa sederhana, dua belas gaya bahasa repetisi, enam gaya bahasa paralelisme, satu gaya bahasa anastrof, tiga gaya bahasa asonansi, delapan gaya bahasa metonimia, tiga gaya bahasa personifikasi, satu gaya bahasa asindenton, tiga gaya bahasa percakapan, tiga gaya bahasa eponim, tiga gaya bahasa antitesis, empat gaya bahasa tidak resmi dan 1 gaya bahasa kiasmus. Makna yang terkandung dalam slogan lingkungan hidup adalah delapan puluh makna leksikal, sepuluh makna kias, dua makna asosiatif, dan dua makna ilokusi. Gaya bahasa yang paling banyak terdapat dalam slogan ini adalah gaya bahasa sederhana dan beberapa dari slogan tersebut menggunakan istilah asing.


Keywords


analisis gaya bahasa; slogan; lingkungan hidup

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dale, E. (et al). (1971). Technigues of Teaching Vocabulary. Palo Alto, California: Field Educational Publication, Incorporated.

Fajriani, N. (2016). Analisis Makna Slogan Iklan Rokok Di Kota Mataram.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat,. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (1985). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Keraf, G. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Lazfihma. (2014). Analisis Gaya Bahasa Dalam Iklan Minuman. Fakultas Bahasa dan Seni UNY.

Marwati, D. R. (2014). Analisis Aspek Makna Tujuan Pada Slogan Lalu-Lintas Di Kota Surakarta.

Pardjimin. (2005). Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas XIII. Bogor: Yudhistira.

Sukini. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP Kelas XIII. Jakarta: Widya Duta Grafika.

Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v8i1.465

Article metrics

Abstract views : 685 | views : 381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Marnetti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.