PEMELAJARAN TATA BAHASA BERBASIS TEKS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA MEDAN

Rehan Halilah Lubis, Nurelide Nurelide

Abstract


Penelitian ini mencoba menjawab permasalahan yang dihadapi guru tentang pemelajaran tata bahasa Indonesia yang tidak terdapat pada buku pegangan siswa maupun guru. Di samping itu, siswa kesulitan dalam membedakan imbuhan di- dan kata depan di yang terdapat pada teks. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemelajaran tata bahasa berbasis teks siswa sekolah dasar di Kota Medan dan bagaimana hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data proses kegiatan belajar mengajar yang diambil dengan cara observasi langsung dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes. Lokasi penelitian adalah dua sekolah yang berada di Kecamatan Medan Selayang dan Medan Johor dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pemelajaran tata bahasa berbasis teks siswa kelas V sekolah dasar di Kota Medan menciptakan sistem pemelajaran berfokus pada siswa. Siswa dituntut untuk mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, serta mampu menemukan permasalahan dan menjawab permasalahan dengan tuntunan guru. Guru  dijadikan sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun nilai rata-rata hasil kegitan belajar mengajar belajar dengan menerapan  model pemelajaran tata bahasa berbasis teks dengan  cara belajar siswa aktif berjumlah 77,75. Nilai 77,75 dikategorikan baik.


Keywords


model pemelajaran; tata bahasa; teks

Full Text:

PDF

References


A., S. S. (200AD). Berkenalan Dengan Puisi. Yokyakarta: Gama Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awaliyah, I. K. (2013). "Memahami dan Penerapan Metode Belajar Aktif". Retrieved from https://iliskhoeriyah.wordpress.com/artikel-umum/memahami-dan-penerapan-metode-belajar-aktif/

Depdiknas. (2002). Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

HD., B. (n.d.). Princeples Of Language Learning And Teaching. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Mulyasa. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Tarsito.

Nana, S. (2002). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: CV. Maulana.

Priyatno, D. (2009). SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate. Yogyakarta: Gaya Media.

Sayuti. Suminto A. (2002). Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sugianti Bisri. (2015). "Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks, Pekerjaan Rumah Guru Memahani Struktur Teks yang Baru" oleh Sugianti bisri - Kompasiana.com. Retrieved January 17, 2018, from https://www.kompasiana.com/www.sugiantibisri.blogsot.com/pembelajaran-bahasa-indonesia-berbasis-teks-pekerjaan-rumah-guru-memahani-struktur-teks-yang-baru_5619e552b893733f12105204

Wahyuni, D. (2014). “Pengintegrasian Sastra pada Pembelajaran Bahasa Melalui Pendekatan Ilmiah.” Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 67--80. Retrieved from http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/madah/article/view/525/306

Wardani dan Kuswaya Wihardit. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v8i2.638

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.