Studi Komparatif Hasil UKBI Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Timur

Tri Winiasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur. Masalah yang dibahas adalah perbandingan nilai UKBI Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), Seksi III (Membaca), serta skor kemahiran berbahasa Indonesia secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari laporan hasil UKBI 3 perguruan tinggi negeri dan 3 perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang memiliki jurusan pendidikan bahasa Indonesia dan menjadikan UKBI sebagai alat ukur untuk mengetahui kemahiran berbahasa Indonesia mahasiswanya. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan skor UKBI, nilai rata-rata seksi I, II, III, dan skor UKBI keseluruhan mahasiswa perguruan tinggi negeri lebih tinggi daripada perguruan tinggi swasta. Berdasarkan predikat UKBI, nilai rata-rata mahasiswa bahasa Indonesia perguruan tinggi negeri dan swasta berada pada predikat yang sama, yaitu unggul.


Keywords


UKBI; mendengarkan; merespons kaidah; membaca

Full Text:

PDF

References


Alderson, J. C. (2000). Assessing reading, 7. https://doi.org/10.2307/1249073

Ardi. (2012). Pembelajaran Menyimak Cerita melalui Model Listening Team Siswa Kelas V SD Inpres 675 Mappesangka, Kabupaten Bone. In Anshari (Ed.), Mozaik Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra: Kontribusi Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran dalam Kehidupan Sehari-hari (p. 241). Makasar: De La Macca.

Buck, G. (2001). Assessing Listening. UK: Cambridge University Press.

Djiwandono, M. S. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.

Komariyah, S. (2009). Kemahiran Berbahasa Indonesia Siswa SMK Negeri 1 Magetan. Jembatan Merah: Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa Dan Sastra., 113—118.

Komariyah, S., & Rohmah, A. S. (2017). Dampak Positif Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia terhadap Peningkatan Hasil UKBI Guru di Kabupaten Lumajang. Jembatan Merah: Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa Dan Sastra., 16, 266–278.

Novitasari, N. F. (2017). Strategi Metakognitif: Teori, Aplikasi, dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jembatan Merah: Jurnal Ilmiah Pengajaran Bahasa Dan Sastra., 16, 125--137.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, Pub. L. No. 70 (2016). Indonesia.

Solihah, A. dkk. (2007). Studi Komparatif Kompetensi Berbicara Siswa SMA dan Siswa SMK. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, H. G. (2008a). Membaca: Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008b). Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v9i1.692

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.