Respons Verbal Anak Usia 5—6 Tahun pada Tindak Tutur Direktif Orang Tua

Sovia Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur yang digunakan oleh orang tua, serta respons verbal anak usia 5—6 tahun pada tindak tutur orang tua mereka. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 5—6 tahun pada tahun 2012 dan orang tua mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh orang tua adalah menyuruh, melarang, menyarankan, dan meminta. Respons verbal anak adalah anak memberikan respons positif terhadap tindak tutur menyuruh dengan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif dan kesantunan negatif; melarang dengan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, kesantunan negatif, dan samar-samar; menyarankan dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dan kesantunan negatif; dan meminta dengan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif. Sebaliknya, anak memberikan respons negatif terhadap tindak tutur menyuruh dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dan samar-samar; melarang dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi; menyarankan dengan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif; dan meminta dengan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya orang tua tidak menggunakan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi untuk tindak tutur menyuruh, melarang, dan meminta. Sementara itu, untuk tindak tutur menyarankan, sebaiknya orang tua tidak menggunakan strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif karena anak memberikan respons negatif berupa penolakan.


Keywords


respons verbal anak; tindak tutur direktif; bahasa Kerinci

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2010). Respons Siswa terhadap Tindak Tutur Guru dalam Kegiatan Belajar-Mengajar di Kelas. Universitas Negeri Padang.

Ardianto. (2013). Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Wacana Interaksi Kelas Anak Tunarungu. Jurnal Litera, 12(1).

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitrianti, E. (2007). Pengaruh Konteks Terhadap Tindak Tutur Permintaan Santun dalam Bahasa Kerinci Dialek Tanah Kampung. Universitas Negeri Padang.

Gredler, M. E. (1991). Belajar dan membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunarwan, A. (2007). Pragmatik: Teori dan Kajian Nusantara. Jakarta: Atma Jaya.

Indonesia, M. L. (2008). Linguistik Indonesia. Buku Digital Ebook Google Play, 18—19.

Mulyana, D. (2005). Human Comunication. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, R. K. (2005). Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahardi, R. K. (2006). Dimensi-dimensi Kebahasaan. Jakarta: Erlangga.

Rahmadi, M. (2009). Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudaryat, Y. (2009). Makna dalam Wacana: Prinsip-Prinsip Semantik dan Pragmatik. Bandung: Yrama Widya.

Wiranty, W. (2015). Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 294—304.

Yayuk, S. S. (2011). indak Tutur Direktif Guru dalam Proses Pembelajaran di MTsN Langgam Kinali Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang.

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basastra, 2(1), 1—14.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v9i1.708

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Image and video hosting by TinyPicCreative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.