Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Bilingual

Rosinawati - Dewi

Abstract


Kesantunan merupakan hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pematuhan prinsip-prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan skala kesantunan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk menghasilkan data berdasarkan fenomena yang ada secara empiris dan hasil bersifat apa adanya. Data penelitian berupa peristiwa tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan rekam. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip kesantunan yang mendominasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta adalah (1) maksim kebijaksanaan, (2) skala jarak sosial yang digunakan siswa dengan siswa lainnya, (3) skala status sosial yang digunakan siswa dengan guru, dan (4) skala kedudukan relatif tuturan dalam pembelajaran terjadi dalam situasi resmi yang menggunakan bahasa Indonesia saat berinteraksi antar siswa dengan guru. 

 

Politeness are two important things that cannot be separated in learning activities. The purpose of this research is to explain the adherence to the principles of politeness in learning Indonesian dan the scale of politeness used in Indonesian language learning. The subject of this research is the students of grade 2 Al Abidin Bilingual Boarding Senior High School, Surakarta. Research methodology is descriptive qualitative which aims to generate data based on existing phenomenon empirically and the result is what it is. Research data is speech in learning Indonesian at Al Abidin Bilingual Boarding Senior High School Surakarta. Data collection methods that used in this research were uninvolved conversation observation, note taking, and recording technique. Validity of data in this research used triangulation technique of data source and triangulation method. The results of this research indicate that the dominant principle of politeness in Indonesian language learning in SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta is (1) maxim of wisdom, (2) social distance scale used by students with other students, (3) social status scale used by students with teacher, (4) relative position scale of speech in learning occurs in official situations using Indonesian when interact between students and teachers.


Keywords


adherence to the principle of politeness; the scale of politeness; learning

Full Text:

PDF

References


Brown, G., & Yule, G. (1983). Discourse Analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45—54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31503/madah.v9i1.682

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Fhitri, W. (2017). Kesantunan Permintaan :Interaksi Mahasiswa dan Dosen. Jurnal Gramatika, 1(1), 9—26. https://doi.org/10.22202/JG.2017.V3i1.1793

Fraser, B. (1990). Perspectives on Politeness. Journal of Pragmatics, 14(2), 219—236. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0378-2166(90)90081-N

Gunawan, F. (2013). Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di STAIN Kendari, 1(1), 8—18. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/ar.1.1.8-18.2013

Halid, E. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi DIII. Bahastra, 37(1), 1—8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5957

Hasibuan, N. H. (2005). Perangkat Tindak Tutur dan Siasat Kesantunan Berbahasa (Data Bahasa Mandailing). Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, I(2), 87—95.

Hymes, D. (1972). Models of Interaction of Language and Social Life. In Directions in Sociolinguistics: The Ethnography of Communication (John J. Gu, p. 58—65). New York: Holt, Rinehart and Winston Inc.

Jumadi. (2010). Wacana. Yogyakarta: Pustaka Prisma.

Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. London: Longman.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Monsefi, M., & Hadidi, Y. (2015). Male and Female EFL Teachers’ Politeness Strategies in Oral Discourse and their Effects on the Learning Process and Teacher-Student Interaction. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), 3(2), 1—13. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.681.6386&rep=rep1&type=pdf

Pranowo. (2012). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Price, H., & Wilson, J. (2018). Applying Politeness Research: An Introduction to the Soto Data. Journal of Politeness Research, 14(1), 1—17. https://doi.org/10.1515/pr-2017-0057

Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Salifu, N. A. (2010). Signaling Politeness, Power and Solidarity through Terms of Address in Dagbanli. Nordic Journal of African Studies, 19(4), 274—292. Retrieved from http://www.njas.helsinki.fi/pdf-files/vol19num4/salifu.pdf

Setiawan, H., & Rois, S. (2017). Wujud Kesantunan Berbahasa Guru : Studi Kasus Di Sd Immersion Ponorogo. Jurnal Gramatika, 3(2), 145—161. https://doi.org/10.22202/JG.2017.V3i2.2003

Shing, S. R. (2012). Politeness in mentor-mentee talk. International Journal of Human Sciences, 9(2), 743—752. Retrieved from https://j-humansciences.com/ojs/index.php/ijhs/article/view/2332

Sulistyo, E. T. (2013). Pragmatik: Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.

Wijana, I. D. P. (1996). Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v10i1.823

Article metrics

Abstract views : 150 | views : 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Dewi Rosinawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.