Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Demak pada 2014

Sutarsih Sutarsih

Abstract


Research Indonesian junior learning conditions in Kabupaten Demak is research to describe the state of Indonesian junior learning activities in Demak. The purpose of this study is to formulate the learning material presented by the Indonesian junior high teacher in Demak. The data in this study is the learning material presented Indonesian junior high teacher in Demak. In addition to the researchers themselves as instruments of data collection, the researcher equip themselves with instruments such as questionnaires and observation guidelines to capture the overall situation of the study. Analysis of the data used for the second stage of data capture. The results obtained are there some researchers Indonesian materials are easily taught to students because it is controlled by the teacher and there are some tough Indonesian material taught to students because it is less controlled by the teacher.

Abstrak

Penelitian kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Demak adalah penelitian untuk menggambarkan keadaan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Demak. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Demak. Data dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran yang disampaikan guru Bahasa Indonesia SMP di kabupaten tersebut. Selain peneliti yang bertindak sebagai instrumen pengumpulan data, peneliti membekali diri dengan instrumen berupa angket dan pedoman obsevasi untuk menangkap keseluruhan situasi penelitian. Analisis data digunakan untuk menjaring data tahap kedua. Hasil yang diperoleh adalah adanya beberapa materi Bahasa Indonesia yang mudah diajarkan kepada siswa karena dikuasai oleh guru dan ada beberapa materi Bahasa Indonesia yang sulit diajarkan kepada siswa karena kurang dikuasai oleh guru.


Keywords


materi; pembelajaran; bahasa Indonesia; guru

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Bahan Diklat/Bimtek KTSP 2009. Jakarta: Deddiknas.

_________. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs.). Jakarta: Kemendikbud.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Redaktur Kompas. 2013. “Dana Kurikulum 2013 Dijanjikan Tepat Sasaran”. Kompas, 15 April 2013.

Rohmadi. 2013. ”Peningkatan Kompetensi Guru dan Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa di Era Global”. Pendidikan Profesi dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surakarta: Ikatan Alumni MPB Pascasarjana UMS.

Satmoko, Retno Sriningsih. 2000. Landasan Kependidikan: Pengantar ke arah Ilmu Pendidikan Pancasila. Semarang: IKIP Semarang Press.

Siswandi, Herman Joseph. 2006. “Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Metode Diskusi Panel dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas)”. Jurnal Pendidikan Penabur. 7.5: 24—30.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarsih, Rini Esti Utami, Inni Inayati Istiana, dan Endro Nugroho Wasono Aji. 2011. “Kondisi Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA di Kabupaten dan Kota Tegal”. Semarang: Balai Bahasa Semarang.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31503/madah.v7i1.443

Article metrics

Abstract views : 171 | views : 1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Sutarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MADAH INDEXED BY:

 

 _____________________________________________________________________________________________________________

@2017 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra (E-ISSN 2086-6038, P-ISSN 2580-9717), Balai Bahasa Riau, Jalan H.R. Soebrantas Km. 12,5, Kampus Binawidya Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru, Riau. Powered by OJS

 Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.