Bedah Tuntas Kecanggihan S Pen Pada Galaxy Note20 Series

Bedah Tuntas Kecanggihan S Pen dan S Notes Pada Galaxy Note20 Series

kecanggihan-note20

Sejak pertama kali dirilis, Samsung Galaxy Note Series identik dengan kecanggihan S Pen yang membawa pengalaman stylus terdepan di perangkat smartphone. Hal tersebut yang terus dipertahankan oleh Samsung melalui Galaxy Note20 Series yang dirilis di Indonesia Agustus lalu.

Pada Galaxy Note20 Series, Samsung membawa kecanggihan Galaxy Note Series dan S Pen ke level yang belum pernah ada sebelumnya. Itu menjadikan Galaxy Note20 Series dan S Pen di dalamnya sebagai generasi paling powerful sepanjang perjalanan lini Galaxy Note Series.

Tidak hanya itu, Samsung juga telah mengembangkan ekosistem pada Galaxy Note20 Series untuk memaksimalkan penggunaan S Pen. Salah satunya melalui kehadiran aplikasi Samsung Notes dengan tingkat integrasi yang begitu dalam dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Sekarang, melalui S Pen dan S Notes yang telah diperbarui, konsumen bisa mengedit hingga membuat konten dengan lebih mudah di mana pun dan kapan pun. Bahkan, di tingkat mobilitas yang tinggi sekalipun.

S Pen pada Galaxy Note20 Series dirancang untuk memberikan pengalaman menulis dan menggambar serupa menggunakan pena asli. Secara fisik, S Pen generasi terbaru yang paling powerful ini memiliki bobot hanya sekitar 3 gram serta diameter ujung pena 0,7mm.

Khusus untuk Galaxy Note20 Ultra, S Pen yang ditanamkan di dalamnya memiliki tingkat latensi yang begitu rendah, yaitu hanya 9ms. Itu bisa menghadirkan pengalaman menulis menggunakan stylus yang luar biasa melalui tingkat presisi yang tinggi serta tingkat respons yang cepat.

Tingkat latensi yang rendah itu pun berpadu dengan sangat baik bersama layar Galaxy Note20 Ultra yang memiliki refresh rate 120Hz. Keunggulannya, pengguna bisa merasakan pengalaman menulis yang natural layaknya menggoreskan pena di atas kertas.

Spesifikasi mumpuni pun ditunjang dengan berbagai fitur yang bermanfaat. Salah satunya diwujudkan melalui fitur baru bernama Anywhere Actions yang membuat pengoperasian perangkat menggunakan S Pen menjadi lebih mudah.

Misalnya, S Pen mampu menjalankan perintah navigasi ke halaman muka, mengakses daftar aplikasi yang baru dibuka, hingga ke halaman yang baru dibuka. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan S Pen untuk menjalankan aplikasi kamera seperti melakukan zoom in atau zoom out, melakukan perintah Screen Capture, hingga membuka Smart Select untuk membuat GIF.

Tanpa harus membuka kunci dan tidak perlu repot-repot membuka aplikasi terlebih dahulu, S Pen memungkinkan penggunanya untuk menulis di layar Galaxy Note20 Series. Ini menciptakan pengalaman menulis yang instan dan menyenangkan.

Untuk menulis di layar Galaxy Note20 Series, cukup ambil S Pen dari perangkat. Lalu, tulis berbagai ide, catatan penting, hingga pekerjaan yang harus dituntaskan langsung di layar. Dan, hasil tulisan bisa langsung ditempatkan di layar utama atau disimpan di dalam aplikasi Samsung Notes.

Selain itu, pengguna juga bisa langsung menggoreskan S Pen pada screenshot secara instan. Mulai dari menambahkan catatan di artikel yang baru saja dibaca hingga memberikan masukan pada desain visual.

Khusus Samsung Notes, aplikasi di Galaxy Note20 Series ini dirancang dengan kecerdasan yang memahami berbagai aktivitas penggunanya serta tingkat integrasi yang tinggi dengan berbagai perangkat lain, membuatnya lebih dari sekadar aplikasi pencatatan biasa.

Saat pengguna menulis di Samsung Notes, tulisan yang dihasilkan dapat berubah secara otomatis menjadi teks yang bisa langsung disalin dan ditempel (copy dan paste). Selain itu, melalui fitur Auto Straighten, tulisan pengguna yang miring atau keluar dari jalur, misalnya saat terburu-buru menulis, dapat langsung disesuaikan secara otomatis sehingga tetap rapi.

Lebih lanjut, Samsung Notes juga memiliki fitur bernama Audio Bookmark. Fitur ini memberikan pengguna kemudahan lebih dalam mencatat di Samsung Notes sekaligus merekam suara di sekitarnya.

Melalui Audio Bookmark, pengguna bisa menambahkan timestamp pada rekaman tersebut dan mensinkronisasikannya dengan catatan yang ditulis tadi. Dengan begitu, saat pengguna melewatkan sejumlah kata di rekaman tersebut, rekamannya bisa diputar kembali untuk melengkapi catatan.

Fitur yang begitu memudahkan pun ditunjang dengan integrasi antar perangkat yang mampu membawa produktivitas dan kreativitas pengguna ke level yang berbeda. Samsung Notes telah tersedia di berbagai smartphone, tablet, hingga laptop atau PC untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna yang membutuhkan layar yang lebih lebar untuk menyelesaikan pekerjaannya, cukup dengan Samsung Notes.

Selain itu, kolaborasi antara Samsung dengan Microsoft juga membuat aplikasi Samsung Notes dapat tersinkronisasi dengan Microsoft OneNote

Sumber :