Manfaat Bermain Marching band

1 min read

Manfaat Umum

Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika memainkan marchingband, diantaranya:

Keterampilan Musik (Music skill)

Untuk mendalami dunia musik, anggota marchingband dilatih memainkan musik dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, anggota juga diberikan pengetahuan tentang teori-teori marchingband sehingga wawasan mereka tambah luas.

Kepercayaan Diri (Self Confidence)

Kepercayaan diri sangat penting bagi seseorang dalam kehidupannya karena bermanfaat untuk menghadapi segala rintangan dan hambatan. Untuk itu anggota marchingband akan dibangkitkan rasa percaya dri mereka agar tumbuh keberanian untuk tampil di depan orang banyak tanpa rasa grogi dan canggung.

Kerjasama (Team Work)

Marchingband tidak mungkin berdiri sendiri, melainkan mereka dibentuk secara bersama-sama oleh sekelompok orang. Sekelompok orang tersebut juga tidak mungkin memainkan alat musik mereka asal-asalan. Mereka memainkannya saling keterkaitan dengan yang lain agar menjadi sebuah irama yang harmonis. Untuk itu mereka harus bekejasama satu dengan yang lain, memecahkan masalah secara bersama-sama, dan saling membantu setiap ada anggota yang kesulitan.

Kesehatan dan Kebugaran (Health & Fitness)

Fisik yang digunakan ketika bermain marchingband adalah ketika baris-berbaris, memainkan alat musik, membentuk formasi atau display, menari, dll. Untuk itu setiap anggota harus mempunyai kondisi fisik yang prima.

Prestasi (Achievement)

Dalam marchingband diajarkan untuk mencapai suatu tujuan/prestasi yang diingkan dalam kelompok. Anggota diharuskan berlatih dan kerja keras sehinga memperoleh kesuksesan bersama.

Kepemimpinan (Leadership)

Seorang pemimpin tidak bisa langsung menjadi pemimpin begitu saja. Melainkan perlu proses belajar juga. Kegiatan marchingband ini mengajarkan kita suatu proses belajar cara memimpin dan dipimpin. Agar kelak ketika masa yang akan dating mereka sudah siap dengan jiwa kepemimpinannya yang mampu memimpin bawahan dengan adil dan obyektif.

Loyalitas (Loyality)

Marchingband menumbuhkan rasa kesetiaan atau loyalitas anggotanya. Mereka tidak hanya diajarkan pada unit dan keluarganya melainkan terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Identitas Komunitas (Community Identity)

Marchingband sudah menjadi satu identitas yang dimiliki para generasi muda. Mereka dikenal luas melalui cirri khas yang komunitas miliki.

Harga Diri (Self-Esteem)

Suatu marchingband dengan berbagai penampilan, prestasi, dan penghargaan dapat membuat para anggota memiliki harga diri sebagai anggota tim hingga mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Kegembiraan (Fun)

Para anggota memperoleh kesenangn hati dari marchingband yaitu berupa tari-tarian yang dimainkan, canda-tawa antar pemain ketika istirahat hingga lelah tak dirasakan sampai keharuan dengan penampilan yang telah sukses dimainkan

Manfaat Khusus

Dalam kegiatan marchingband dengan prestasi-prestasi yang diperoleh dapat digunakan seseorang untuk melanjutkan pendidikan melalui jalur prestasi ke sekolah favorit mulai dari tingkat SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi. Manfaat khusus lainya yaitu:

Keterampilan dalam memainkan alat musik yang diperoleh seseorang dapat dijadikan alat untuk meniti karir sebagai musisi professional atau juga untuk memperoleh penghasilan sampingan.
Contoh yang dapat dimanfaatkan melaksanakan pekerjaan di masa depan adalah kemampuan manajerial atau kemampuan organisasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *