Niagahoster: Strategi omnichannel membantu perusahaan beradaptasi dalam situasi yang berbeda

Melalui publikasinya, Niagahoster membagikan strategi omnichannel yang diklaim membantu perusahaan beradaptasi dalam situasi yang berbeda. Tak terkecuali pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor.

Niagahoster: Strategi omnichannel membantu perusahaan beradaptasi dalam situasi yang berbeda

Pandemi Covid-19 telah mengubah dunia retail dan kebiasaan berbelanja masyarakat. Bisnis berbondong-bondong ke dunia online untuk beradaptasi dengan kondisi yang mengharuskan orang untuk tinggal di rumah. Dilaporkan bahwa keuntungan untuk bisnis online telah meningkat lebih dari 80%.

Niagahoster-Strategi-omnichannel-membantu-perusahaan-beradaptasi-dalam-situasi-yang-berbeda

Baca juga:
– Niagahoster: Mendorong generasi muda untuk mengembangkan keterampilan digital
– Kolaborasi Niagahoster x KoinWorks, memfasilitasi pembayaran digital dan pembelian web hosting
– Devcussion 12 Niagahoster: Pentingnya SEO untuk Pengembang Web
– Upaya Niagahoster untuk secara konsisten menyediakan web hosting dan layanan berkualitas

Pertengahan tahun 2022, saat pandemi perlahan membaik, kebiasaan berbelanja kembali berubah.

Orang-orang yang akrab dengan belanja online mulai berbelanja offline lagi.

Perubahan kebiasaan inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan e-commerce online untuk menerapkan strategi omnichannel atau menggabungkan online dan offline demi keberlangsungan bisnis mereka.

Seperti e-commerce Blibli yang membuka booth offline pada Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Kemayoran 2022 dengan menggunakan metode transaksi omnichannel.

Menurut data laporan pelanggan dari National Retail Federation (NRF), orang-orang saat ini semakin sibuk dan tidak punya waktu untuk menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berbelanja di toko offline. Jadi sebelum mereka pergi ke toko, mereka terlebih dahulu melakukan riset di website toko tentang toko dan produk yang mereka inginkan.

Tidak ada lagi online vs offline
Didukung oleh GliaStudio
Niagahoster – ilustrasi bisnis. (Penghosting Niaga)
Niagahoster – ilustrasi bisnis. (Penghosting Niaga)

Perkembangan dunia retail saat ini bukan lagi persaingan antara online dan offline, melainkan perpaduan antara online dan offline yang berjalan beriringan.

Toko offline membutuhkan kehadiran online dan situs web yang kuat untuk berbagai kebutuhan seperti promosi dan katalog produk, sementara bisnis online membutuhkan toko offline untuk beradaptasi dengan keadaan.

“Sebenarnya ini adalah perubahan perilaku yang menciptakan potensi baru di dunia retail. Toko offline sudah mulai dibuka kembali, tapi bukan berarti toko online hilang,” kata Akrilvha Deainert, product manager Niagahoster.

Wanita yang akrab disapa Dea ini melanjutkan, website toko online masih banyak diminati, meski fiturnya sedikit bergeser. Dari full version untuk jual beli kini dimaksimalkan untuk materi iklan dan katalog produk. Meskipun demikian, fungsi jual beli dapat dipertahankan pada website toko online.

“Dengan digitalisasi masif saat ini, tidak ada salahnya menggunakan omnichannel. Website sangat bermanfaat untuk media promosi dan pemasaran. Pasang iklan di Instagram dan Facebook juga akan lebih efektif jika Anda memiliki website sebagai pusat informasi bisnis,” ujarnya.

Maksimalkan omnichannel berdasarkan jenis bisnis

Selain itu, beberapa pelaku bisnis mengklaim bahwa memiliki website sangat membantu mereka dalam memberikan informasi yang sering diminta oleh pelanggan. Ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah situs web di dunia ritel saat ini.

Optimalisasi omnichannel juga harus disesuaikan dengan bisnis yang sedang berjalan. “Jika Anda hanya menjual satu jenis produk atau layanan, satu halaman arahan akan cukup. Namun, jika bisnis Anda menawarkan berbagai produk atau layanan, ada baiknya membuat situs web yang lengkap dengan informasi, blog, dan halaman jual beli. “jelas Dea.

Dea menambahkan pentingnya memilih layanan web hosting yang mendukung berbagai latar belakang pelanggan. Misalnya, Niagahoster ramah pemula dengan menyediakan paket yang user-friendly dan customer success spesialis yang siap dihubungi 24/7, dan juga mendukung kebutuhan pelanggan.

“Bagi pelaku bisnis online yang ingin mulai menjajaki dunia offline juga bisa menitipkan produknya ke toko-toko yang menawarkan jasa tersebut sambil mempersiapkan diri untuk memiliki toko offline sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga :

https://altech.co.id/