Tips Agar Bayi Suka Minum Susu Formula

1 min read

Bayi sejak dilahirkan pada umumnya langsung diberikan ASI tetapi ada pula ibu yang kesulitan untuk memberikan ASI kepada bayinya karena memang air susunya hanya keluar sedikit bahkan tidak bisa keluar. Hal tersebut biasa terjadi sehingga untuk mengganti ASI tersebut, banyak orang tua yang memberikan susu formula.

Tips agar bayi suka minum susu formula

Susu formula ini dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan bayi sejak lahir. Namun, ada pula kejadian di mana bayi terlalu suka minum ASI hingga besar dan menyebabkan ia ketergantungan dengan ASI dan sulit untuk minum susu formula. Di sini akan dijelaskan mengenai tips agar bayi suka minum susu formula yang bisa anda simak dengan lengkap.

Tips agar bayi suka minum susu formula ini sebenarnya susah-susah gampang untuk dilakukan bagi orang tua. Sebaiknya hal pertama yang dilakukan ialah konsultasi ke dokter anak supaya pemberian susu formula aman bagi bayi. Hal ini disebabkan karena tak jarang bayi alergi terhadap beberapa susu formula yang malah menurunkan kesehatan bayi. Bila sudah ditentukan susu formula yang cocok, cobalah memulai memberikan susu tersebut kepada bayi sedikit demi sedikit.

Caranya ialah dengan memberikannya di sela-sela jam makan atau sesaat bayi setelah makan agar perut bayi tidak dalam keadaan kenyang. Bisa juga dengan memberikan susu yang dicampur dengan makanan lain seperti cereal, puding, jus buah, dan lain sebagainya. Selalu beri pengertian kepada bayi bahwa susu yang ia minum tidak kalah enak dengan ASI supaya bayi lebih terbiasa minum susu formula nantinya.

Bagi anda para orang tua yang kreatif juga bisa memberikan susu formula kepada anak dengan cara meletakkan susu pada gelas atau botol susu dengan gambar yang unik dan dapat menarik perhatian bayi. Bisa juga memberikan rasa tambahan ke dalam susu formula dengan catatan jangan menambahkan gula ke dalam susu formula khusus bayi tersebut.

Itu lah beberapa tips agar bayi suka minum susu formula dan tidak menjadikannya ketergantungan dengan ASI lagi. Karena banyak kasus terjadi bayi masih minum ASI selepas 2 tahun karena orang tuanya tidak membiasakan dia minum susu formula sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *